Sejarah Liga Italia/Lega Calcio

Sejarah Sepak bola Italia memiliki lebih dari satu abad kehidupan. Sepak bola adalah olahraga nasional Italia dan semangat mereka untuk olahraga ini adalah jelas, baik dalam lapangan sepak bola agresif, atau pada platform dari lapangan sepak bola itu sendiri.

Seri A (bahasa Italia: Serie A) adalah divisi teratas dalam liga sepak bola Italia. Seri A terdiri dari 20 tim sejak musim 2004/2005 (sebelumnya 18). Tiga tim terbawah didegradasikan ke Seri B, dan digantikan oleh tiga tim teratas dari divisi tersebut.

Seri A, dalam bentuknya seperti saat ini, dimulai sejak tahun 1929. Sebelumnya dari 1898 hingga 1929, kompetisi tersebut dibagi kepada grup-grup menurut wilayah. Pada tahun 1927 tidak ada tim yang diberikan gelar juara setelah Torino dicabut gelarnya oleh Federasi Sepak bola Italia (FIGC). Torino dinyatakan sebagai juara pada musim 1948-49 setelah sebuah kecelakaan pesawat menjelang akhir musim yang merenggut nyawa seluruh anggota tim.

Tim nasional Italia telah memenangkan FIFA. Piala Dunia empat kali: pada tahun 1934, pada tahun 1938, pada tahun 1982 dan pada tahun 2006 yang menduduki peringkat sebagai tim sepak bola kedua yang paling sukses di sepak bola kelas dunia, di belakang Brasil. Italia juga telah memenangkan UEFA. Piala Eropa sekali: pada tahun 1968 dan inti dari sepak bola Italia terdiri dari kelompok dengan nilai abadi dan potensi besar, klub terkenal seperti AC Milan, Juventus FC, AS Roma, FC Internazionale dan lain-lain telah menunjukkan bahwa sepak bola Italia adalah salah satu liga paling kompetitif di Eropa dan di seluruh dunia.

Keberhasilan menjadi juara biasanya disebut sebagai scudetto (perisai kecil) karena sang juara akan mengenakan sebuah lambang kecil dengan bendera Italia di seragamnya pada musim berikutnya. Klub yang paling berhasil adalah Juventus yang juara 27 kali, diikuti A.C. Milan dan Internazionale (17), dan Genoa C.F.C. (9).

Sepak bola Italia memiliki sejumlah pemain yang melegenda yaitu (Meazza, Benetti, Zoff, Baresi, Vialli, Baggio, Tardelli, Rossi, Altobelli dan banyak lainnya), pelatih sepak bola dengan pengetahuan bagus(Pozzo, Valcareggi, Friuli, Capello, Trapattoni , Lippi dan lainnya). Oleh karena itu sepak bola tetap dikembangkan dan berhasil mencapai puncaknya sebagai juara dunia.

dikutip dari: wikipedia.org, lega-calcio.it

Enhanced by Zemanta
About these ads

About antonliga

kota jember jatim 30 taon yang lalu tempat aku dilahirkan sekarang ak di kota Metropolitan Jakarta mencari nafkah untuk menghidupi anak dan kedua anakku (Andra Danisha) trus berdoa semoga bs membahagiakan keluarga dan berharap juga menjadi orang yang berguna buat semua orang
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s